Senin, 17 Mei 2010

Recover Data

Hari-hari ini saya memang sedang konsentrasi untuk belajar linux, khususnya pada operating system. setelah sukses menginstall pada laptop dan komputer kantor yang semuanya berada pada "second level operating system" kini giliran saya menginstall pada PC di rumah. yach,.... seakan semuanya akan berjalan lancar sperti sebelumnya dengan sangat yakin saya masukan dvd linux moslem editon, dan prosespun berjalan. Sebgai gambaran pc tersebut memiliki kapasitas hardisk 80 Gb, yang saya bagi dalam 3 partisi. Pada partisi system saya 20 Gb, karena begitu banyak software yang saya pasang, maka free space yang tersedia hanya sekitar 8 Gb membuat saya harus sedikit "membongkar" isinya agar lebih banyak free space yang tersedia, hingga lebih dari 10 Gb. Instalasi mulai dan singkat cerita selesai,...... tapi setelah restart ternyata tidak dapat berjalan sesuai dengan yg saya iginkan. setelah saya lihat dengan teliti jatuh pada kesimpulan karena space yang tersedia tidak mencukupi. yach karena lagi semangat ingin ke open source, maka saya harus mengulangi proses instalasinya dengan memilih opsi memakai seluruh cakram, yang berarti menghapus operating system sebelumnya. Memang semua dapat berjalan lancar sampai selesai dan dapat melakukan booting secara sempurna. Tapi betapa kagetnya saya karena "seluruh" partisi dalam hardisk saya hilang dan hanya ada satu partisi saja. yang berarti seluruh dokumen saya yang saya buat dan dapatkan selama 7 (tujuh) tahun hilang lenyap. Lemas, seketika, ada bank soal, karya iliah yang saya susun dengan susah payah, media pembelajaran, dokumen porto folio beberapa teman, dokumen kuliah istri, anak, ada foto2 kenagan anak saya selama 3 tahun yang dikumpulkan sedikit demi sedikit, ada puluhan film koleksi anak saya yang paling kecil, pendek kata semua ludes,....... saya sangat kesal.......... siapapun yang sempat membuka dan membaca tulisan dan kebingungan saya minta tolong solosinya adakah recover yang dapat digunakan?....
Help me ...... please.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar