Jumat, 07 Mei 2010

DIKLAT PEMANFAATAN TIK UNTUK PEMBELAJARAN



Bertempat di BPTIKP (Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan) mulai tanggal 6 Mei 2010, sebanyak 35 guru SMP se Propinsi Jawa Tengah mendapat Bimbingan Teknik Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran. Peserta yang rata-rata kurang memahami pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran seperti mendapatkan pencerahan yang berarti, dengan tekun para peserta mengikuti arahan yang telah disampaikan oleh para tutor dengan seksama. terlebih ketika melakukan praktek di ruang laboratorium komputer. Pengenalan Power Point 2007 untuk membuat dokumen presentasi pembelajaran yang di padukan dengan software total record dan conventer, sehingga menjadi suatu produk median pembelajaran yang berupa video yang berasal dari convert dokumen presentasi.
banyak yang menyatakan ini merupakan hal baru, dan secara serius mengikuti tahap demi tahap penjelasan yang di sampaikan oleh tutor.
Di sela-sela kesibukan mengikuti diklat tidak lupa peserta melaksanakan solat Jum'at. Saya bersama beberpa teman peserta diklat melaksankan solat Jum'at di Kampus IAIN Walisongo yang letaknya tidak terlalu jauh dari BPTIKP Jawa Tengah.
Sedikit mengulas tentang Kutbah Jum'at yang di sampaikan oleh khotib, tentang refleksi Hari Pendidikan Nasional yang di rasa semakin centang perenang, menjadi kacau, siswa bertindak anarkis, prestasi yang teus menurun, dan lain sebagainya. Dalam kesempatan itu khotib mengingatkan para guru dan dosen agar sebelum melakukan kewajiban sebagai seorang pendidik untuk melakukan beberapa hal antara lain:
1. bahwa sesuai dengan firman Allah, pendidik harus bisa "membaca" ilmu-ilmu Allah secara menyeluruh ( Iqro')
2. Setelah melakukan iqro' diharapkan bisa taskiyah ( melakukan refleksi diri terhadap papun yang telah dilakukan, tentang rezki yg di peroleh, tentang perilaku keseharian.
3. setelah taskiyah dan mendapatkan kesimpulan tentang baiknya akhlak seorang pendidik, maka barulah melaksanakan ta'lim / mengajar, mendidik dan transformasi ilmu pengetahuan sesuai dengan keahlian yang di mulikinya.
Dengan Khotbah yang sebentar membuat saya merenung, benarkah saya sudah "membaca", "merefleksi diri" dan "malakukan ta'lim" dengan benar?......
Subhanallah,......... la khaulawala kuwata ila billah,........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar